PENIPUAN VIA INTERNET

Semakin canggihnya teknologi merupakan lahan bagi mereka yang berhati kotor untuk melakukan penipuan..artikel ini saya dapatkan dari blog rekan Bakung com yang berada di jogja...ini merupakan info yang patut kita baca

Modus penipuan di internet ini sudah sering disebarkan oleh pelaku-pelaku penipuan melalui media internet, entah masih adakah korban sampai sekarang. Kadang modus yang sama muncul lagi setelah beberapa tahun menghilang. Contoh-contoh modus penipuan di internet :

1. Penawaran skrip sedot e-gold, yang notabene justru uang yang ada di e-gold kita yang disedot.
2. Penawaran bisnis pulsa Murah / Reload dengan harga miring. Kadang agar bisa mengecoh calon korban, si penipu mencoba memberikan harga yang tidak jauh beda dengan penawaran pulsa, ada sebagian pulsa yang ditawarkan sama atau lebih tinggi. Jadi siapa sangka kalo itu penipuan. Si Pelaku juga seringkali menawarkan pulsa ini dengan membeli domain dan hosting.
3. Penawaran Laptop / Handphone Murah. Kadang si pelaku mengaku-aku barang selundupan (BM), hasil carding, atau milik pribadi yang mau dijual sangat murah atau hasil rampasan penyelundup sehingga dijual sangat miring. Salah satu web tersebut misalnya adalah gomura.com Hasil whois web ini baru dibuat pd tgl 10 April 2008 melalui penyedia web hosting www.idwebspace.com dan langsung menyebar di situs-situs iklan baris, buku tamu dan komentar di web. Salah satu korban berusaha memperingatkan pengguna internet dengan membuat blog orangsusah.wordpress.com/ dimana dia telah tertipu melalui web www.batama.cjb.net . kedua web gomura.com dan batama.cjb.net dibuat oleh pelaku yang sama meskipun nama penjual berbeda, jika dicermati no telpon dalam 2 web tsb sama yaitu: 081545886213
Modus penipuan barang murah ini banyak terjadi juga melaui chatting, atau forum

4. Penawaran untuk menjual salah satu ginjal dengan alasan butuh uang bla..bla…bla
5. HYIP, kalo ngga salah kepanjangan High Yield Invesment Program. Yaitu penawaran investasi entah forex atau investasi lainnya dimana si pemilik modal cukup melakukan deposit sejumlah uang tanpa melakukan apa-apa dan dijanjikan setiap minggu atau setiap bulan akan menerima penghasilan. Biasanya program ini atau pelaku akan menghilang setelah beberapa bulan sebelum si korban balik modal.
6. Sistem Piramida, silakan dicari infonya internet.
7. SCAM, ini modus yang konon berasal dari Nigeria. Biasanya si pelaku mengirim email ke inbox kita dan mengaku aku ada uang jutaan dollar dan butuh kerjasama kita agar uang tersebut bisa cair tentunya dengan iming-iming bagi hasil yang seolah-olah wajar, misalnya 80 : 20 (20% untuk anda). SCAM yang lain yang lumayan banyak juga adalah email yang isinya anda memenangkan lotere / undian.
Penulis sendiri pernah mendapat SCAM ini yang tidak lazim yaitu dikirim melalui pos berasal dari thailand, dan pernah juga berupa SMS berbahasa inggris dari nomer Simpati dimana si pelaku (orang Afrika) mengajak bertemu di Jakarta untuk membicarakan masalah dana dan kerjasama bisnis.
8. Dana Hibah. Cukup dengan membayar uang registrasi / pendaftaran yang terjangkau mulai dari 50rb hingga jutaan rupiah anda akan mendapatkan dana hibah cuma-cuma dari Sultan Brunei, dari pemerintah Malaysia, Bill Gates, TUKUL ARWANA atau seolah-olah dari milyarder lainnya.
9. Arisan bersama / Arisan berantai, Arisan Motor, Arisan Mobil dll banyak yang hanya penipuan belaka
10. Phising. Anda salah memasukkan data pribadi seperti misalnya email dan password ke website yang seolah-olah adalah alamat web mail yang benar.
11. File / Software biasanya dalam attachment email yang berupa skrip dimana ketika dijalankan program ini akan mencuri data pribadi anda seperti account, password, dll dan dikirim otomatis ke alamat email si pelaku.
12. silakan bagi yang punya pengalaman atau info modus penipuan lain untuk isi komentar dibawah ini. Komentar anda membantu pengguna internet agar tidak tertipu atau mengurangi korban penipuan di internet.

Update 04 Juni 2008
Artikel ini saya posting tgl 24 April, namun sampai hari ini korban penipuan dari www.gomura.com masih juga bermunculan. Berikut ini contoh keluhan korban yang saya temukan saat googling:

1. Peny Sekarwati (09/05/2008)
Dibohongi Website www.megadana.com SCAM. Ini Saya Ikutan beli Unit Share Seharga seperti dibawah ini dikirimkan Via BNI-46 an. DWIARTHA JAYA PRANATA rek.01194508665 Surabaya Rp 3.311.263 data yang terdaftarb seperti dibawah ini. ____________________________________ User ID : 11263 User Name: penys Password: ps606206 Transaction code: 300835 Web Duplikasi: http://www.megadana.com/?rid=11263 SCAM !!! __________________________________________________ BUY 101.58132.6.2804.1.11263 Terlampir bukti pembelian untuk No.ID: 11263 tgl 28/4/08 Batch Number 79657258132 Total Transfer Rp 3.311.263,- Via BNI-46 dikirimkan via email Rudi Rachmadi , pay@megadana.com SMS 085855333898 __________________________ tertipu kedua saat Notebook saya rusak ingin beli murah tambah remuk di www.gomura.com SCAM!! email pengirim penipu ’surama surama’ selamat sore. transfer pembayaran Rp 850.000 ke BNI no acc 014 508 8027 a/n rahmadani. jika anda telah transfer segera kabari saya ke 081 545 886 213, agar barang lekas saya kirim ke alamat anda. salam
diambil dari http://www.polres-bekasi.net/
2. http://www.gomura.com.SCAM.MENIPU
INI CONTOH YANG DIKIRIMKAN OLEH MEREKA SAAT MENIPU
selamat sore.
transfer pembayaran Rp 2.900.000 ke BNI no acc 014 508 8027 a/n rahmadani. jika anda telah transfer segera kabari saya ke 081 545 886 213, agar barang lekas saya kirim ke alamat anda.
salam
diambil dari buku tamu: http://www.rakyatlampung.com

Update 2 Agustus 2008
Kemarin ada seseorang bernama eka dari Bali minta bantuan saya via YM untuk mengecek kebenaran dari http://www.tokofree.com/elektronikmurah050903/?hal=3 karena dalam web tersebut mengaku dari jogja bernama
Melihat web tersebut terlihat modusnya mirip dengan www.gomura.com , Barang yang ditawarkan murah karena hasil slundupan. Si penjual hanya mau transaksi melalui e-gold atau e-bullion, email yang dia pasang memakai kata hacker sehingga mengesankan seorang hacker atau carder dan email tsb baru dibuat /register di yahoo pada pertengahan bulan Juli 2008. Web juga baru register gratisan di tokofree.com
Berikut ini info detil yang tercantum di web.
Oya, saya kok belum pernah denger Jl Urip Suropati di Jogja

Warung Elektronik Murah
Jl. Urip Suropati
Yogyakarta
suport_hack050903yahoo.com
http://www.tokofree.com/elektronikmurah050903/



comment 1 comments:

Dwiyan Agus Saputra on 21 November 2013 pukul 10.45 mengatakan...

setahu aku ya guys,,,,,, kalau dapat hadiah cuma2 tanpa ada kerja keras dahulu itu namanya peniuan. Oke ?

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© Kraeng Adhy | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger