MEMBUAT IKON DI USB DISK

Ketika kita mencolokkan Flasdisk di computer, biasanya akan muncul ikon standar untuknya. Lalu pernahkah terpikir untuk menggantikan ikon standar untuknya? Ganti ikon emang biasa ja broo…but waits…memang kalo Cuma mengganti ikon saja semua orang pasti bisa, tapi bagaimana kalo ikon itu buatan anda sendiri…piye kalo wajah kita yang jadi ikon di flasdisk tersebut? Mau tau?
Untuk melakukan hal tersebut, anda harus membuat iconnya terlebih dahulu dan untuk membuat image dengan format file.ico. untuk itu anda memerlukan sebuah program khusus. Untuk itu saya sudah menyediakan program pengolah icon untuk anda. Program ini gratis alias freeware. Namanya adalah icofx. Icofx adalah program yng tergolong baru karena dapat bekerja pada system operasi windows vista.


Langsung aja ya…untuk memulainya silakan download icofx di http://www.ziddu.com/download/4169248/icofx.rar.html setelah mendownload software tersebut ikuti langkah-langkah berikut ini:
1.Pilih foto anda yang pualing cakep…bila perlu edit biar tambah cakep pake potoshop..so ubah ukurannya menjadi 48X48 pixel.
2.Lalu simpan dengan format JPEG atau BMP.
3.Setelah itu jalankan program icofx yang telh didownload dan di install.
4.Cari gambar yang telah kita simpan tadi lalu open dan ok stelah ada perintahnya. Jika masih ingin mengeditnya kita dapat melakukannya dengan program tersebut. Silahkan pelajari sendiri.
5.Jika telah selesai mengeditnya maka klik menu save as, pada tab save in tentukan direktori dimana anda akan menyimpan filenya. Sebagai contoh kita simpan saja di c:/. Dengan nama kraengadhy.ico
6.Nah, kita telah memiliki ikon buatan kita. Langkah selanjutnya adalah membuat file autorun agar ikon anda dapat ditampilkan sewaktu kita mencolokkan usb stik ke kompi kita.
7.Buka program notepad, kemudian ketikkan command berikut ini pada notepad anda:
[AutoRun]
Icon=kraengadhy.ico

8.Jika sudah, klik menu file, save as pada program notepad anda, beri nama autorun.inf (namanya harus “autorun.inf”, gak boleh diganti…ntar gak jadi bro…) kemudian pada save as type pilih menu all files.
9.Simpan di tempat anda menyimpan file ikonnya tadi. Dalam contoh tadi kita menyimpan di c:/
10.Jika sudah selesai langkah selanjutnya kita kopi file autorun.inf yang kita buat tadi bersama dengan file kraengadhy.ico ke dalam usb stik kita.
11.Cabut usb stik dan coba colok lagi ke kompi kita, perhatikan icon usb stik menjadi gambar yang telah kita edit tadi….tidak hanya di kompi kita tetapi di kompi manapun.

SEMOGA BERMANFAAT

comment 1 comments:

Anonim mengatakan...

ya broo, thank, aku copy tuch artikel

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© Kraeng Adhy | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger