TRIK MENUTUP AKSES REGEDIT

Keamanan merupakan faktor utama dalam penunjang keberhasilan jalannya suatu sistem. Jika keamanan terganggu maka terganggu pulalah sistem yang berjalan. Maka dari itu keamanan sangat perlu diperhatikan. Beberapa waktu yang lalu saya pernah membaca sebuah artikel tentang memodifikasi beberapa nilai yang ada di registry agar regedit tidak muncul baik melalui run yang ada di start menu maupun regedit yang ada di folder Windows. Memang cara yang dianjurkan cukup rumit dan membingungkan bagi orang awam. Karena para pengguna diwajibkan membuat sebuah backup agar regedit dapat diakses kembali. Bagaimana jika ada pengguna komputer yang lupa menempatkan file backup tersebut. Pasti sangat merepotkan untuk mencarinya. Akhirnya saya tertarik untuk membuat program yang sangat sederhana dan mudah¬mudahan banyak dimengerti oleh orang awam. Bukan saja dimengerti oleh orang awam tetapi juga bersifat mudah dan aman. Script program berikut merupakan program yang dibuat dengan menggunakan Visual Basic Script kegunaannya yaitu untuk menonaktifkan maupun mengaktifkan regedit. Tujuan utama dari pembuatan program ini yaitu untuk mengamankan regedit dari tangan¬tangan orang iseng yang berusaha merusak sistem operasi. Trik yang satu ini pernah dimuat di Tabloid PCplus pada edisi 282 (1¬14 Mei 2007) melalui rubrik trik.

Ketikkan script program dibawah ini dengan menggunakan Notepad lalu simpan dengan nama regedit.vbs dan jangan lupa ubah Save as type yang tadinya dari Text Documents (*.txt) menjadi All Files. Jangan lupa juga untuk menonaktifkan Word Wrap yang ada di Notepad pada saat pengetikan script program.
dim yonatan masuk() sub masuk() set yonatan = wscript.CreateObject("wscript.shell") keterangan = "Pilihan:" & vbcrlf &_
"[0].Aktifkan Regedit." & vbcrlf &_ "[1].Nonaktifkan Regedit." & vbcrlf & vbcrlf &_ "[Program Karya Bangsa Indonesia]"
tanya = inputbox(keterangan,"Edit Regedit",0) yonatan.RegWrite"HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion" &_
"\Policies\System\DisableRegistryTools",tanya,"REG_DWORD" if tanya=1 then msgbox "Registry dinonaktifkan",vbInformation,"Edit Regedit" else if tanya=0 then msgbox "Registry diaktifkan",vbInformation,"Edit Regedit" yonatan.RegDelete"HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion" &_
"\Policies\System\DisableRegistryTools" else msgbox "Masukkan angka 0 atau 1!",vbInformation,"Edit Regedit" masuk() end if end if end sub
Setelah mengetikan script program diatas bukalah Windows Explorer, lalu cari file yang bernama regedit.vbs. Klik dua kali pada ikon file tersebut untuk menjalankannya. Maka akan terbuka suatu jendela dimana Anda dapat memberi nilai 0 untuk mengaktifkan regedit atau 1 untuk menonaktifkan regedit.
Kini Anda dapat menonaktifkan maupun mengaktifkan regedit kapanpun sesuka hati Anda tanpa perlu merasa cemas ataupun takut. Program diatas telah diuji coba di beberapa platform sistem operasi keluaran Microsoft diantaranya yaitu Windows 98, Windows 2000 Professional dan Windows XP Professional Service Pack 2. Cukup mudah bukan untuk pemula. Selamat mencoba.
Ditulis Oleh: Yonatan Prasdikatama.

comment 0 comments:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© Kraeng Adhy | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger